Pertamina Sarankan Taksi Gunakan BBM Non Subsidi


Foto: Indomigas.com

Pertamina akan melakukan pembatasan BBM bersubsidi yang akan dimulai 1 Januari 2011 mendatang, program ini juga dikenakan untuk taksi. Alasan yang dikemukakan pemerintah adalah taksi menggunakan premium lebih banyak daripada pemakaian yang digunakan masyarakat

Menurut Mochamad Harun, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero),  taksi-taksi juga seharusnya tidak memakai BBM subsidi, meskipun termasuk dalam kendaraan umum. Sekitar 10.000 taksi setiap harinya sangat haus bensin hingga 300 kiloliter sebulan. Taksi yang digunakan untuk keperluan bisnis dan memperoleh keuntungan seharusnya ikut terkena pembatasan juga.

Untuk membatasi bahan bakar minyak bersubsidi, pemerintah akan mengajukan dua opsi yang diperkirakan bisa menghemat subsidi bahan bakar hingga 9 juta kiloliter.  Opsi pertama, pembatasan akan dilakukan untuk semua kendaraan roda empat berpelat hitam, kecuali kendaraan pelat kuning, roda dua, roda tiga, dan nelayan. Sementara  opsi kedua, pembatasan bakal dilakukan untuk semua produk kendaraan roda empat keluaran tahun 2005 ke atas. Opsi mana yang akan digunakan, saat ini terus digodok oleh pemerintah bersama instansi yang terkait.

Tag: , ,

Satu Tanggapan to “Pertamina Sarankan Taksi Gunakan BBM Non Subsidi”

  1. sewa mobil Says:

    waduh.. klo ga pake bbm subsidi bisa berapa tarif taksinya..😀

Komentar ditutup.


%d blogger menyukai ini: