Polisi Tilang Ribuan Taksi yang Ngetem di Jalan Protokol


Jakarta – Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya menilang 3.974 angkutan umum selama 11 hari Operasi Patuh Jaya 2010. Ribuan di antaranya adalah taksi yang ngetem di jalan protokol seperti Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.

“Dari 3.974 angkutan umum, ribuan di antaranya adalah taksi yang suka ngetem di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan,” kata Koordinator Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya Kompol Indra Jafar kepada wartawan, Senin (26/7/2010).

Indra mengungkapkan, taksi yang kena tilang itu seringkali ngetem di ruas jalan pada jam-jam sibuk. Sehingga hal itu membuat arus lalulintas tersendat.

“Dengan adanya taksi yang ngetem, banyak kendaraan lain yang laju kendaraannya tersendat,” katanya.

Beberapa ruas jalan yang sering dijadikan tempat ngetem taksi di antaranya Jalan Sudirman, kawasan Thamrin, Tanah Abang, Senen, Jalan Letjen Suprapto dan di jalan dekat gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat.

Di Jakarta Selatan, taksi yang sering ngetem di antaranya di Jalan Gatot Subroto, kawasan Blok M dan Mampang Prapatan. Di Jakarta Barat, sejumlah taksi ngetem di kawasan Pal Merah, Grogol dan Roxy.

Di Jakarta Timur, taksi ngetem berada di Jalan MT Haryono, Jalan Dewi Sartika dan Jatinegara. Di Jakarta Utara, taksi sering kali ngetem di dekat Mal of Indonesia, Kelapa Gading dan Jalan Yos Sudarso.

Lebih jauh Indra mengungkapkan, pelanggaran lain yang dilakukan oleh angkutan umum di antaranya melanggar larangan parkir. “Ada sekitar 1.675 kendaraan angkutan umum yang parkir pada sign dilarang parkir,” katanya.

Selain itu, tercatat ada 669 kendaraan angkutan umum jenis bus, metromini dan taksi yang ditilang karena mengangkut penumpang di terminal bayangan. 2.016 Kendaraan angkutan umum ditilang karena melanggar traffic light.

Sementara itu, total pelanggaran yang tercatat selama Operasi Patuh Jaya 2010 dari tanggal 15-25 Juli terdapat 52.634 kendaraan. Pelanggaran itu dilakukan oleh sepeda motor, mobil pribadi, mobil angkutan dan barang.

Dicomot dari detikNews

Tag: ,


%d blogger menyukai ini: