Unicab, Taksi Masa Depan New York?


(IST)

New York-Pemerintah kota New York (NY) baru-baru ini merilis proposal mengenai taksi masa depan kota yang dikenal lewat patung Liberty tersebut. Sejumlah media massa setempat menyebutkan Unicab adalah jawaban yang tepat sebagai taksi masa depan NY.

New York Taxi and Limousine Commission (TLC) menyebutkan bahwa taksi tersebut juga harus merepresentasikan NEw York sebagai kota dunia. Persyaratan untuk taksi masa depan tersebut antara lain, memiliki standar keselamatan yang tertinggi, penumpang akan memiliki pengalaman menumpangi taksi yang tidak pernah mereka lupakan, biaya perawatan yang rendah, irit bahan bakar, ramah lingkungan (tingkat emisi paling rendah), dan dapat mengakomodasi penumpang cacat.

Unicab disebut-sebut sebagai taksi yang tepat untuk kota NY karena memenuhi persyaratan tersebut di atas. Seorang mahasisiwa universitas RMIT di Australia, tahun lalu, memamerkan desain Melbourne TAXI 2020 (yang kemudian disebut Unicab) di ajang Australia Design Awards.

Mahasiswa RMIT bernama Damien Lucaciu ini memfokuskan Melbourne Taxi 2020 pada empat hal, yaitu kemananan penumpang dan pengendara (passenger and driver safety), penggunaan yang mudah (easy of use), fungsional (reliability), dan ramah lingkungan (minimising environmental impact).

Sementara itu, menilik bagian kabin taksi ini memiliki kandungan polycarbonate pada hampir seluruh bagian dalam interior yang digabungkan dengan chassis dari aluminium. Sebuah baterai hydrogen fuel cell dan sebuah baterai cadangan menjadi sumber utama bahan bakar untuk menggerakkan electric motor.

Bagi penyandang cacat juga tidak perlu khawatir untuk masuk ke dalam taki ini. Pintu geser dan juga jalur untuk kursi roda (wheelchair) terdapat di taksi ini sehingga memudahkan pengguna kursi roda masuk ke dalam kabin. Pada baris kedua taksi ini memuat tiga orang penumpang sehingga terkesan sangat lega dan juga mampu dilipat sehingga pengguna kursi roda tidak perlu repot melipat kursi rodanya atau berpindah dari kursi roda ke jok penumpang.

Pada bagian kaca depan untuk pengendara terdapat multimedia screen yang semi transparan sehingga memudahkan pengendara untuk melihat kedepan dan juga memudahkan penumpang untuk melihat berbagai informasi mengenai argo dan juga peta elektronik (GPS).

Dicomot dari: Inilah.com

Tag: , ,


%d blogger menyukai ini: