Pemkot Batam Hapus Taksi Tua


Metrotvnews.com, Batam: Pemerintah Kota Batam akan menghapuskan taksi tua untuk memberikan kenyamanan dalam pelayanan kepada warga pengguna jasa transportasi ini. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Muramis, Selasa (16/3).

Muramis mengatakan, taksi tua adalah taksi yang menggunakan mobil buatan 1995. Pemerintah Kota Batam akan mencabut izin plat kuning taksi tua, dan menggantinya dengan plat hitam. Taksi tua tidak lagi memberikan kenyamanan maksimal kepada penumpangnya, selain itu taksi keluaran dibawah 1995 juga kurang memberikan jaminan keselamatan.

Sementara itu, kalangan sopir taksi tua menolak penghapusan izin tersebut. Salah seorang sopir taksi tua, Wawan, mengatakan, penghapusan taksi tua merupakan kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat. Lebih dari separuh taksi yang beroperasi di Batam berusia di atas 15 tahun.

Menurut Wawan, sopir taksi tua sudah mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti plat hitam menjadi kuning dan mengurus semua persayaratan taksi, sehingga tidak adil jika menghapuskan taksi tua. Selain itu, sekitar 5.000 kepala keluarga mencari nafkah dari mengemudikan taksi tua.

Senada dengan Wawan, sopir taksi lainnya, Alay, menolak kebijakan penghapusan taksi tua. Dirinya pun telah mengeluarkan uang lebih dari Rp 10 juta untuk pengurusan usaha taksi, mulai dari perubahan warna plat, membayar uang stiker koperasi, membeli argo, hingga mengurus KIR. (Ant/**)

Dicomot dari: Metrotvnews.com

Tag: , , ,


%d blogger menyukai ini: