1000 Sopir Taksi Muslim Norwegia Mogok, Terkait Kartun Nabi


Hampir 1.000 pengemudi taksi Muslim di Norwegia memarkirkan mobil mereka di pusat kota Oslo pada malam minggu (6/2) kemarin melakukan aksi protes atas surat kabar Dagbladet

yang melaporkan grup Facebook pihak Keamanan Norwegia yang menampilkan kartun pelecehan terhadap Nabi Muhammad SAW, dalam situs jejaring sosial terkenal tersebut grup Facebook keamanan Norwegia menampilkan gambar Babi yang dinamakan Muhammad.

Aksi spontan itu diumumkan kemarin malam dan para penggagas demo mendesak para supir taksi Muslim untuk berhenti mengemudi alias mogok narik antara 2 hingga 4 jam. Dan tepat pada pukul 3 pagi, hampir 1000 pengemudi taksi Muslim telah mengikuti seruan untuk “berjihad” tersebut.

Surat kabar Dagbladet Norwegia mencetak ulang kartun yang menghina Nabi Muhammad di halaman depan surat kabar mereka pada hari Rabu lalu sebagai ilustrasi dari cerita bahwa PST (polisi keamanan Norwegia) telah menampilkan kartun yang melecehkan Nabi Muhammad pada grup mereka di situs Facebook.

Sopir taksi Muslim di kota Oslo bereaksi keras terhadap pencetakan kembali kartun yang melecahkan itu.

“Ini adalah penyalahgunaan kebebasan berekspresi dan kita bereaksi terhadap hal tersebut,” kata Munid Rashad, salah satu pengumudi taksi Muslim. “Apa yang kami lakukan bukanlah aksi kekerasan, namun kami akan menunjukkan bahwa kami menentang kebebasan berekspresi barat dan penghinaan nilai Islam kami oleh Norwegia.(fq/dagbladed)

Tag:


%d blogger menyukai ini: